LISDA MAYA RIKA, 125060292 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJ AR SISWA KELAS IV SDN LINGGAR III PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover_skripsi.pdf Download (27kB) |
||
Text
Abstrak inggris.pdf Download (83kB) |
||
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran disusun untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi dengan menggunakan model picture and picture ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil bel ajar siswa pada materi perkembangan teknologi dengan menggunakan model picture and picture ? 3) Apakah penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi siswa pada materi perkembangan teknologi ? 4) Apakah penggunaan model pembel ajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi ? Maka diterapkanlah suatu model pembelajaran yang bertumpu pada aktivitas siswa yang dapat menentukan keberhasilan motivasi dan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model picture and picture. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian in i adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari dua siklus masing - masing siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Dari rangkaian kegiatan penelitian yang dilaksanakan dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan model picture and picture mengalami peningkatan. Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang ditentukan adalah 70. Data awal ketuntasan belajarsebesar31,42% yang masih jauh indikator keberhasi lan belajar yaitu 80% dan setelah penggunaan model picture and picture pada siklus satu diperoleh persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 40% kemudian dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, hasil pembelajaran naik menjadi 91,43%. Kesimpul an dari penelitian ini bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan. Kata kunci: Model picture and picture, motivasi siswa, hasil belajar siswa, dan pembelajaran IPS di SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:40 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11304 |
Actions (login required)
View Item |