PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMAN 1 PARONGPONG (Studi Eksperimen pokok bahasan jurnal umum kelas XI IPS 1)

Nurul Pangestu, 125020030 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMAN 1 PARONGPONG (Studi Eksperimen pokok bahasan jurnal umum kelas XI IPS 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG (Studi Eksperimen pokok bahasan jurnal umum kelas XI IPS 1). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA NEGERI 1 PARONGPONG. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menegetahui apakah ada perbedaan hasil pretes pada kelas kontrol dan eksperimen, 2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, 3) untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian dari hasil postes ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 73,93 untuk kelas eksperimen dan 56,43 untuk kelas kontrol. Dari perhitungan diatas didapatkan t hitung = 8,769 sedangkan t tabel = 2,055. Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis t hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas XI IPS 1 yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas XI IPS 3 yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.Dari hasil penelitian merekomendasikan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Kata Kunci :Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item