PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

MAHARANI PUTRI, 125060085 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER MAHARANI P.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan setelah melihat permasalahan atau fakta yang terjadi di lapangan pada proses pembelajaran terdapat berbagai masalah yaitu nampak siswa pasif, keadaan kelas kurang kondusif dikarenakan model yang diterapkan guru masih bersifat teac her centered, guru belum menggunakan media yang tepat pada proses pembelajaran, motivasi siswa kurang terlihat hal ini terbukti dari hasil pengamatan yaitu siswa sering tidak membuat PR (pekerjaan rumah) dan tugas yang telah diberikan oleh guru, hasil bela jar masih sangat rendah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis berupaya memperbaiki proses pembelajaran dengan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sekelimus materi perjuangan melawan penjajah melalui model Cooperative Le arning . Hasil penelit ian menunjukkan bahwa dengan pe n e rapan model pembelajaran Cooperative Learning motivasi dan hasil belajar siswa meningkat pada materi perjuangan melawan penjajah, peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase observasi motivasi si swa pada siklus I diperoleh data sebanyak 65% atau 13 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan kemudian pada siklus II terlihat sebanyak 85% atau siswa sud ah mencapai kriteria ketuntasan . Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang di nyatakan tuntas sebesar 69,5% atau 16 siswa, kemudian setelah dilaksanakan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat pada persentase hasil belajar siswa siklus II sebesar 86 % atau 20 siswa dinyatakan tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi perjuangan melawan penjajah di kelas V SDN Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung tahun pelajaran 2015/2016 . Kata Kunci: Mot ivasi Hasil Belajar dan Cooperative Learnin

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item