PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

FRIDA INDAH S. O., 125050087 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Frida Indah Sari Oktora (125050087). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki seorang siswa untuk memahami matematika. Namun, kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih rendah. Hal tersebut kemudian menjadi latar belakang penelitian ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Learning Cycle 7E dalam pembelajarannya. Model Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model Learning Cycle 7E memiliki tujuh tahapan, yaitu Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta untuk mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 7E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 36 Bandung tahun ajaran 2015-2016. Dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dipilih secara acak kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis (pretest dan posttest) yang berupa soal uraian serta angket skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran model Learning Cycle 7E. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E..

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item