PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS KONFLIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMAN 5 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

GITA ENDAH PURWANTI, 125030042 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS KONFLIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMAN 5 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover gita.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia gita.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris gita.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan suatu keterampila n yang bersifat produktif untuk me - nyampaikan informasi secara tidak langsung atau tidak secara tatap muka. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam me - nulis cerpen, yaitu dengan metode mind mapping , metode mind mapping menjadi salah satu alat yang membangun cara berkomunikasi baru yang melibatkan imaji - nasi dan kreativitas. Berdasarkan latar belakang, d alam pembelajaran menulis teks cerpen berbasis konflik dengan menggunakan metode mind mapping , Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks cerpen berbasis konflik dengan mengguna kan metode mind mapping pada siswa kelas X SMAN 5 Cimahi. 2) Siswa kelas X SMAN 5 Cimahi mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks cerpen berbasis konflik dengan menggunakan metode mind mapping. 3) Metode pembelajaran mind mapping efektif diterapkan dalam menulis teks cerpen berbasis konflik pada siswa kelas X SMAN 5 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitiannya One Group Pretest - Posttest D esign , dengan teknik telaah pustaka, observasi, tes. Berdasarkan analisis hasil penelitian, penulis dapat mengembil kesimpulan sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis cerpen berbasis konflik dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa ke las X SMAN 5 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan pembelajarannya yaitu 3,61 dengan kategori nilai baik sekali (A). Kemudian, hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran 3,4 dengan kategori nilai baik (B). 2) Siswa kelas X SMAN 5 Cimahi mamp u menulis teks cerpen berbasis konflik dengan menggunakan metode mind mapping . Hal ini dapat terbukti dari hasil pretest dengan rata - rata 67,62 dan hasil posttes t dengan rata - rata 88,03 . Perbedaan ini menunjukan selisih 88,03 - 67,62= 20,41 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest ke postest sebesar 10,2 %. 3) Metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berbasis konflik dengan mengunakan metode mind mapping pada siswa kelas X SMAN 5 Cimahi tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik manual de - ngan hasil t hitung > t tabel yaitu 9,19 > 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 23. Dengan demikian, diperoleh simpulan metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berbasis konflik pada siswa kelas X SMAN 5 Cimahi. Ka ta Kunci: Pembelajaran, menulis, cerpen berbasis konflik, metode mind mapping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 19:07
Last Modified: 03 Sep 2016 19:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11239

Actions (login required)

View Item View Item