PENGARUH MODEL PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016)

SYARIFAH ULFA, 125020002 (2016) PENGARUH MODEL PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung. Bertujuan untuk mengungkapkan tentang bagaimana pengaruh model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung, situs penelitian di SMK Pasundan 3 Bandung kelas XI Akuntansi tahun akademik 2015/2016. Selain itu untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan model pembelajaran ini dalam materi Akuntansi di kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan Asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dan minat belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket (kuesioner) yang dilakukan kepada siswa. Hipotesis penelitian berbunyi “ jika proses belajar mengajar siswa mata pelajaran akuntansi menggunakan model PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dilaksanakan dengan baik dan benar maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya minat belajar siswa”. Teknik pengolahan / analisis dengan menggunakan PASW Statistics 22. Hasil pengolahan data penelitian menunjukan bahwa model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap minat belajar siswa adalah pengaruh paling kecil yaitu minat belajar sebesar 78,18% sedangkan pengaruh yang paling besar yaitu model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) sebesar 82,68% terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap Minat Belajar sebesar 24,8% dan sisanya sebesar 75,2% di pengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, dan sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar guru dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat sehingga saat penyampaian materi dapat lebih jelas di pahami oleh siswa, dan sebaiknya model PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran akuntansi untuk dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam kelas dan siswa dapat mudah menguasai konsep pembelajaran. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran bagi pihak sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas sekolah dan memberikan motivasi kepada guru-guru untuk berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran Kata Kunci : Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:11
Last Modified: 05 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item