UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE METODE JIGSAW

EndahNurmalasari, 095060053 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE METODE JIGSAW. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi asli.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pa da pokok bahasan menceritakan tokoh - tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan islam di Indonesia di kelas V di SDN Rancaekek III Kabupaten Bandung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning type jigsaw. Hal ini didasari oleh rendahnya hasil be lajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Rancaekek III kabupaten Bandung y ang terdiri dari 16 siswa laki - laki dan 15 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen t yang digunakan adalah lembar observasi untuk peneliti dan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer, dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning type jigsaw dapat me ningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata kelas dari awal sampai dengan siklus II. Setiap siklusnya hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada data awal nilai rata - ratanya adalah 49,56%, siklus I 50,32%, dan siklus II 59,35%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif learning type jigsaw yang dilakukan pada kelas V SDN Rancaekek III Kabupaten Bandung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menceritakan tokoh - tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia. Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11210

Actions (login required)

View Item View Item