MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

Yani Lot JadinaMaha, 125020043 (2016) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sma Pasundan 8 Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 8 Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Control Group Time Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-2 dengan jumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 84,25 untuk kelas eksperimen, dan 55,79 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 17,46 sedangkan ttabel= 2,75. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung>ttabel, sehingga H0 ditolakdan H1diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X-1 yang menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan siswa kelas X-2 yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya di jadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnyan pada materi pendapatan nasional. Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:09
Last Modified: 05 Sep 2016 13:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item