ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ( Studi kasus pada siswa kelas X MA Negeri 1 Kota Bandung )

RIAH JUARIAH, 125020088 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ( Studi kasus pada siswa kelas X MA Negeri 1 Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas X MA Negeri 1 Kota Bandung). Dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Bertujuan untuk mengungkapkan tentang (1) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui faktor apa saja yang lebih dominan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, situs penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung Tahun Akademik 2015/2016. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriftif analisis. Teknik pengumpulan data dengan cara uji validitas dan uji reliablitas. Hipotesis penelitian berbunyi “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus kelas X MA Negeri 1 Kota Bandung). Teknik pengolahan/analisis data menggunakan program SPSS release 21.0 for Windows. Hasil pengolahan data penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal yaitu aspek jasmani, aspek keluarga dan aspek sekolah dengan rata-rata bobot sebesar 3,81 dengan persentase sebesar 76,21% berada dalam kriteria baik dan dapat dijelaskan juga bahwa faktor yang lebih dominan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu faktor eksternal aspek lingkungan keluarga dengan presentasi 79,50%. Hal ini ditunjukkan dari hasil reliabilitas atau tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 842 yang termasuk kedalam klasifikasi kuat. Kesimpulan berdasarkan pembuktian hipotesis dapat diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang baik agar siswa dapat mengikuti pembelajaran yang optimal sehingga diharapkan prestasi belajarnya pun dapat meningkat dengan baik sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya, kepada para guru ekonomi hendaknya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara memacu siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan tepat waktu, kepada siswa kelas X MA Negeri 1 Kota Bandung hendaknya belajar lebih giat agar prestasi belajar di sekolah dapat tercapai dengan baik dan optimal, dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengungkap faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar yang belum diungkap dalam skripsi ini dengan mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : faktor yang mempengaruhi, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:11
Last Modified: 05 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item