PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Jurnal Umum Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung)

RISYA PERMATA SARI, 125020102 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Jurnal Umum Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK B. INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Jurnal Umum Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung 2) Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS C MAN 1 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kueisioner dan studi kepustakaan dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS Statistics 21.0 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y = 8,495 + 0,490 X yang berarti setiap kenaikan satu poin pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,490 poin pada motivasi belajar. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisoin STAD) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 43,9% sebanyak 56,1% sisanya merupakan besar kontribusinya pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisoin (STAD) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisoin STAD dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dikelas, kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dan metode yang berbeda, sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan motivasi belajar pada pokok bahasan selanjutnya, dan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah ilmu mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisoin STAD dalam meningkatkan motivasi belajar sehingga pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan kajian pada pelajaran lain dan kelas yang berbeda,kepada siswa agar daapat meningkatkan motivasi belajar dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2016 13:23
Last Modified: 07 Sep 2016 13:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item