MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA MATERI PERMASALAHAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cibabat Mandiri 4 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016)

RIFA AGUSTINA, 125060146 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA MATERI PERMASALAHAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cibabat Mandiri 4 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran IPS pada materi permasalahan sosial yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil pretes menunjukan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 18,4%, sedangkan hasil postes siklus I menunjukan peningkatan 47,3%. Hasil postes siklus I menunjukkan peningkatan berjumlah sebesar 29,0% dari tes awal (pretes). Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 84,2%, terjadi peningkatan sebesar 37,1% dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian motivasi siswa dalam belajar pada siklus I yaitu 3,53 dengan kriteria (baik). Pada siklus II sebesar 4,54 dengan kriteria (sangat baik). Artinya adanya peningkatan motivasi yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Make a Match. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 84,2%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Make a Match, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2016 12:51
Last Modified: 07 Sep 2016 12:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item