PEMBELAJARAN MENYUNTING TEK S LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REMBUG SEJOLI DI KELAS X SMA N EGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

OKY SUKMA WIJAYA, 125030081 (2016) PEMBELAJARAN MENYUNTING TEK S LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REMBUG SEJOLI DI KELAS X SMA N EGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ABSTRAK REVISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta - fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Metode rembug sejoli adalah cara pemecahan suatu masalah yang pelaksanaannya peserta didik dalam kelompok dibagi secara berpasanga, kemudian dalam waktu yang singkat masing - masing kelompok membahas suatu masalah dan diakhiri dengan penyampaian laporannya oleh masing - masing juru bicara dalam kelompok besar. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode rembug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) mampukah penulis merencanakan,melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi menggun akan metode rembug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang?; (2) mampukah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang menyunting teks laporan hasil observasi berdasarkan kesalahan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan?; (3) efektifkah metode rembug sejoli diterapkan pada pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan keefektifan metode rembug sejoli dalam pembelajaran meyu nting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode remb ug sejoli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang; (2) siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang mampu menyunting teks laporan hasil observasi dengan berdasarkan kesalahan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan benar; (3) metode rembug sejoli efek tif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest - posttest design. Adapun hasil penelitiannnya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,75. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari rata - rata nilai pretest sebesar 39,54 dan rata - rata nilai posttest sebesar 82,4, pe ningkatan sebesar 42,86. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik t hitung > t tabel , yakni 21 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifika nsi 5% dan derajat kebebasan 27. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis m enyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: P embelajaran, menyunting teks laporan hasil observasi, metode rembug sejoli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 18:19
Last Modified: 03 Sep 2016 18:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11140

Actions (login required)

View Item View Item