PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN SISWA (Studi kasus pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 18 Bandung)

WULAN PERMANA SARI, 125020037 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP KEAKTIFAN SISWA (Studi kasus pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 18 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II acc.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD memiliki pengaruh positif terhadap keaktifan siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 18 Bandung. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survey. Dengan siswa yang menjadi responden sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket (Quisioner). Angket ini terdiri dari 25 pernyataan yang terdiri dari 15 pernyataan untuk model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 10 pernyataan untuk keaktifan siswa. Data diolah dan di analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 for windows dan Excel 2007. Teknik pengujian instrumen data dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji realibilitas. Berdasarkan rata-rata peolehan untuk pernyataan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 3,85% yang dikategorikan baik, sedangkan rata-rata perolehan untuk pernyataan mengenai keaktifan siswa sebesar 3,9% yang dikategorikan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 18 Bandung berpengaruh terhadap keaktifan siswa sebesar 63,6% dan berada dikategori baik. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisioan (STAD). Keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:10
Last Modified: 05 Sep 2016 13:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item