PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS ANEKDOT KE DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMK 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FEBRIANDICKA, 125030089 (2016) PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS ANEKDOT KE DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMK 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Halaman Sampul acc.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
daftar pustaka .pdf

Download (14kB)
[img] Text
daftar pustaka .pdf

Download (14kB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Semua siswa tentu memiliki potensi membaca, termasuk mengonversi teks anek-dot ke dalam teks eksposisi. Mind mapping atau pemetaan pikiran adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan konsep teknik curah gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesa-tuan di sekitar tema utama seperti pohon dengan akar , ranting, dan daun-daunnya. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran me-ngonversi teks anekdot ke dalam teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 3 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai berikut. (1) Mampukah pe-nulis melaksanakan kegiatan pembelajaran mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas X SMK Negeri 3 Badung mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk teks eksposisi dengan meng-gunakan model mind mapping? (3) tepatkah model mind mapping diterapkan da-lam pembelajaran mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk teks eksposisi. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai, pembelajaran mengonversi teks anekdot kedalam teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung; (2) siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung mampu mengon-versi teks anekdot ke dalam teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping; dan (3) metode mind mapping bisa diterapkan dalam pembelajaran me-ngonversi teks anekdot kedalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperiment/ ekspe-rimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonversi teks anekdot ke da-lam teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa ke-las X Akuntansi 2 SMK Negeri 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilai-an perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,68. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat dinyatakan Baik (B), sehingga penulis dianggap berhasil melaksanakan pembelajaran mengonversi teks anekdot ke dalam teks eksposisi dengan menggunakan model mind map-ping. 2. Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 3 Bandung mampu mengonversi teks anekdot ke dalam teks eksposisi dengan menggunakan model mind mapping. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 0,75 dan nilai rata-rata postes 3,56. Peningkatannya sebesar 2,81. 3. Metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks anekdot ke dalam teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 5,11, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat keper-cayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 39. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:08
Last Modified: 05 Sep 2016 13:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item