TIFHANY MEYTHALANI, 125060018 (2016) PEN ERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.pdf Download (106kB) |
|
Text
Abstrak bahasa Indonesia.pdf Download (91kB) |
|
Text
Abstrak bahasa Inggris.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (122kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Gumuruh 8 yang tidak menunjukan sikap percaya diri dan cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran , hal tersebut di sebabkan guru selalu menggunakan metode ceramah konvensional, yang berakibat pada rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa karena siswa hanya diberikan teori - teori tanpa adanya penggunaan model atau metode lain dan media yang m emancing siswa untuk mau aktif menjawab pertanyaan, maupun mengemukakan pendapatnya . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pen elitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan tiap siklusnya . Dalam se tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu a. Merumuskan Masalah ; b . Me mbuat jawaban s ementara (hipotesis) ; c . Men gumpulkan data ; d . Perumusan kesimpulan ; e . Men gomunikasikan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dap at meningkatkan sikap percaya diri . Hal tersebut dapat dilihat dari data observasi pada siklus I data hasil keseluruhan sikap percaya diri siswa sebesar 41,7 % siswa menunjukan sikap percaya diri , 33,3 % siswa cukup menu njukan sikap percaya diri dan 25 % siswa kurang menunjukan si kap percaya diri . Sementara itu, pada siklus II data hasil keseluruhan sikap per caya diri meningkat menjadi 55 % siswa menunjukan sikap percaya diri , 40 % siswa cukup menunjukan sikap percaya diri dan 5% siswa kuran g menunjukan sika p percaya diri . Begitu pun pada hasil belajar siswa yang meningkat. P ada siklus I, menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM naik menjadi 23 orang atau 7 7 % dan siswa yang nilain ya belum mencapai KKM sebanyak 7 orang atau 23 %. Pada siklus II, siswa yang men capai KKM sebanyak 29 orang 96,7 % dan siswa yang belum mencapai KKM yakni 1 orang 3,3 %. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran discovery dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran I PS . Kata kunci : Model Discovery Learning , Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
View Item |