PEN ERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS

TIFHANY MEYTHALANI, 125060018 (2016) PEN ERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Abstrak bahasa Indonesia.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Abstrak bahasa Inggris.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Gumuruh 8 yang tidak menunjukan sikap percaya diri dan cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran , hal tersebut di sebabkan guru selalu menggunakan metode ceramah konvensional, yang berakibat pada rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa karena siswa hanya diberikan teori - teori tanpa adanya penggunaan model atau metode lain dan media yang m emancing siswa untuk mau aktif menjawab pertanyaan, maupun mengemukakan pendapatnya . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pen elitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan tiap siklusnya . Dalam se tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu a. Merumuskan Masalah ; b . Me mbuat jawaban s ementara (hipotesis) ; c . Men gumpulkan data ; d . Perumusan kesimpulan ; e . Men gomunikasikan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dap at meningkatkan sikap percaya diri . Hal tersebut dapat dilihat dari data observasi pada siklus I data hasil keseluruhan sikap percaya diri siswa sebesar 41,7 % siswa menunjukan sikap percaya diri , 33,3 % siswa cukup menu njukan sikap percaya diri dan 25 % siswa kurang menunjukan si kap percaya diri . Sementara itu, pada siklus II data hasil keseluruhan sikap per caya diri meningkat menjadi 55 % siswa menunjukan sikap percaya diri , 40 % siswa cukup menunjukan sikap percaya diri dan 5% siswa kuran g menunjukan sika p percaya diri . Begitu pun pada hasil belajar siswa yang meningkat. P ada siklus I, menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM naik menjadi 23 orang atau 7 7 % dan siswa yang nilain ya belum mencapai KKM sebanyak 7 orang atau 23 %. Pada siklus II, siswa yang men capai KKM sebanyak 29 orang 96,7 % dan siswa yang belum mencapai KKM yakni 1 orang 3,3 %. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran discovery dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran I PS . Kata kunci : Model Discovery Learning , Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:38
Last Modified: 05 Sep 2016 13:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10872

Actions (login required)

View Item View Item