ANALISIS THINKING SKILLS MELALUI PENGINTEGRASIAN AL QURAN KE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM INDERA

Nurul Ashri Muthiáh, 125040135 (2016) ANALISIS THINKING SKILLS MELALUI PENGINTEGRASIAN AL QURAN KE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM INDERA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas masih ditemukan kurang baiknya pengemasan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan thinking skills sehingga menyebabkan anak pasif dalam pembelajaran, disamping itu pembelajaran setiap mata pelajaran disajikan terpisah sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Oleh karena itu peneliti mencoba melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Thinking Skills Melalui Pengintegrasian Al Quran ke Dalam Pembelajaran Konsep Sistem Indera”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis thinking skills siswa melalui pembelajaran yang diintegrasikan dengan Al Quran pada konsep sistem indera. Indikator thinking skills yang diukur antara lain: kecakapan menggali dan menemukan informasi, kecakapan mengolah informasi dan mengambil keputusan serta kecakapan memecahkan masalah secara arif dan kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 kota Bandung dengan sempel penelitian rombongan belajar kelas XI IPA A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan desain penelitian the one shot case study (studi kasus bentuk tunggal). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran yang terintegrasi dengan Al Quran. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung frekuensi kemunculan tiap-tiap indikator thinking skills dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan kategori kemampuan thinking skills siswa adalah baik, dengan rata-rata kemunculan tiap indikator thinking skills sebesar 75,2% dan nilai ini memiliki tafsiran bahwa sebagian besar siswa memunculkan indikator thinking skills. Respon peserta didik yang dihimpun melalui angket sebagai respon siswa terhadap pembelajaran yang terintegrasi dengan Al Quran dalam konsep sistem indera memberikan respon positif. Kata kunci : Thinking skills, Pengintegrasian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:37
Last Modified: 05 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item