Pawadi, 125060174 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V SD YKPPK Bandung Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD YKPPK dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian, terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan, diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran, kurangnya kerja sama peserta didik jika pembelajaran dibuat ke dalam kelompok, tugas yang diberikan guru hanya dikerjakan sebagian peserta didik, kemudian pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, akibatnya hasil belajar peserta didik menurun. Hali ini dibuktikan oleh hasil ¬pretes peserta didik siklus I dengan ketuntasan 18,2% dan siklus II dengan ketuntasan 40,9%. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan lembar tes. Perencanaan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) ini menekankan pada interaksi peserta didik dalam kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yeng memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dari pemahaman peserta didik terhadap materi. Hasil postes dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase 40,9% pengamatan kerja sama peserta didik dengan persentase 68,5% dan siklus II dengan persentase 90,9% dengan pengamatan kerja sama peserta didik 88%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS materi perjuanagn mempertahankan kemerdekaan. Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Pembelajaran IPS, Hasil ...................Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:03 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10692 |
Actions (login required)
View Item |