ANALISIS PENERAPAN METODE TEAM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PENGAJARAN 2015/2016

Reja Novian, 125020020 (2016) ANALISIS PENERAPAN METODE TEAM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PENGAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
i. Cover.pdf

Download (436kB)
[img] Text
v. abstrak indonesia.pdf

Download (10kB)
[img] Text
v. abstrak sunda.pdf

Download (10kB)
[img] Text
v. abstrak inggris.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis penerapan metode team teaching dalam meningkatkan profesional guru di SMK Pasundan 3 Bandung tahun pengajaran 2015-2016. Dilatar belakangi dengan mengajar secara berkelompok memudahkan guru dalam meningkatkan profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) guru di SMK Pasundan 3 Bandung bisa menerapkan metode team teaching dengan baik, (2) data analisis yang didapat menjadi bahan refrensi untuk penerapan metode team teaching bagi guru, (3) metode team teaching menjadi alternatif dalam meningkatkan mutu profesional guru di SMK Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang dipergunakan metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, observasi, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SMK Pasundan 3 Bandung yang berjumlah 40 guru. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh penerapan metode team teaching dalam meningkatkan profesional guru di SMK Pasundan 3 Bandung tahun pengajaran 2015-2016. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0 for windows. Hasil pengolahan data dengan perhitungan SPSS yaitu, koefisien korelasi antara variabel dependent (X) dan variabel independent (Y) sebesar 0,812 yang termasuk ke dalam kategori sangat kuat, artinya H1 dapat diterima dan H0 ditolak. Sedangkan pengaruh penerapan metode team teaching dalam meningkatkan profesional guru sebesar 0,66 atau senilai 66%. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan R Square sebesar 0,66 yang berarti penerapan metode team teaching berpengaruh dalam meningkatkan profesional guru sebesar 66%, sedangkankan sisanya 34% dipengaruhi oleh faktor lainnya misalkan lingkungan sekolah, keluarga, partner, dan intelegensi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar menerapkan metode team teaching dalam mendidik dan meningkatkan kompetensi profesionalnya, kepada sekolah hendak lebih meningkatkan pelayanan pendidikan terkhusus pelayanan pengajaran dalam kelas, kepada siswa hendak berusaha lebih aktif dalam kegiatan belajar dan jangan malu untuk bertanya dan lebih terbuka lagi bila merasa belum memahami materi, kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dalam lingkup yang lebih luas. Kata Kunci : Metode Team Teaching, Profesional Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:05
Last Modified: 05 Sep 2016 13:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item