PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING MENJELANG KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung)

LISTIANA FITRIANI, 125060238 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING MENJELANG KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggirs.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II(revisi).pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Peristiwa Penting Menjelang Kemerdekaan dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, sifat penelitian adalah kolaboratif, subjek penelitian guru sebagai peneliti, siswa yang berjumlah 36 orang. Data skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran data skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, data nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, lembar observasi dan alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis pretest dan postest. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 2,75, sedangkan pada siklus II adalah 3,2. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,03 sedangkan pada siklus II adalah 3,34. Nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 63,89% sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 83,33%. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung Kata Kunci : Problem Based Learning dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:10
Last Modified: 03 Sep 2016 15:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10508

Actions (login required)

View Item View Item