NURBAYANI, 125050041 (2016) PENGA RUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salahsatu tujuan pembelajaran matematika . Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah . Pembelajaran matematika di Indonesia kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkomunikasikan gagasan matematika yang dimilikinya . Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. P enelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dari pembelajaran biasa dan indikator kemampuan komunikasi matematis manakah yang dianggap paling sulit dan paling mudah . M etode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adal ah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung tahun ajaran 201 5 - 201 6 dan sampel penelitiannya sebanyak dua kelas , yaitu siswa kelas X MIA 1 sebag ai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t - Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan: k emampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa ; indikator kemampuan komunikasi matematis yang dianggap sulit adalah membaca dengan pemahama n suatu presentasi matematika dan indikator komunikasi matematis yang dianggap paling mudah adalah menyatakan peristiwa sehari - hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun mod el suatu peristiwa . Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Komunikasi Matematis, Teams Games Tournament
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 14:56 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 14:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10494 |
Actions (login required)
View Item |