PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP CERMAT DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI CITEPUS KECAMATAN CICENDO

Yuli Nurmalia, 125060251 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP CERMAT DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI CITEPUS KECAMATAN CICENDO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (567kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Citepus khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan meningkatkan sikap cermat siswa menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping). Penelitian dilatar belakangi oleh hasil wawancara dengan guru kelas dan daftar nilai hasil belajar siswa yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara dan angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) sikap cermat siswa meningkat. Hal ini dilihat dari penilaian peta konsep hasil karya siswa yang semakin baik dari setiap siklusnya. Penilaian sikap cermat pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 67,2 dengan presentase ketuntasan 35,5% yang berarti 10 dari 31 siswa tuntas. Pada siklus II diperoleh rata-rata 79 dengan presentase 87% yang berarti 27 dari 31 siswa tuntas. Dengan meningkatnya sikap cermat, hasil belajar siswa pun meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari perolehan nilai siswa setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata post testyaitu70 dengan presentase 61,3% yang artinya 19 dari 31 siswa tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata post test yaitu83 dengan presentase 96,7% yang artinya 30 dari 31 siswa tuntas (hasil belajarnya memenuhi KKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dapat meningkatkan sikap cermat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diterapkan pada materi daur air. Dengan demikian, penggunaan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping) dapat dijadikan salah satu pendekatan alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Kata kunci: Petakonsep (concept mapping), sikapcermat, hasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item