EFEKTIVITAS METODE PROBLEM POSING TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMK

Erni Nurjanah, NPM. 138060114 (2016) EFEKTIVITAS METODE PROBLEM POSING TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
138060114_Erni Nurjanah_ok.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode problem posing dengan materi relasi dan fungsi efektif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMK Teknika Cisaat. Sampel diambil dengan teknik purposif, yaitu kelas X Otomotif -7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mesin -3 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah aktivitas metode problem posing, pemahaman konsep dan Self-regulated learning. Metode penelitian yang diguanakan adalah mixed method dengan desain penelitiannya adalah tipe penyisip (The Embedded Design). Instrumen penelitiannya terdiri dari instrumen tes, yaitu tes pemahaman konsep dan non tes yaitu observasi, wawancara, Skala Likert Self-Regulated Learning. Data diolah dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Excel 2007. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur dan uji regresi. Hasil penelitian aktivitas belajar dengan metode problem posing menunjukkan kriteria baik. Pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan metode problem posing lebih baik daripada metode ekspositori. Self-Regulated Learning peserta didik yang menggunakan metode problem posing lebih baik dari metode ekspositori. Begitu pula dengan uji regresi menunjukan adanya pengaruh positif antara metode problem posing terhadap pemahaman konsep begitu pula ada pengaruh positif antara SLR dengan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan pembelajaran matematika dengan metode problem posing terhadap self-regulated learning dan pemahaman konsep merupakan pembelajaran yang efektif. Kata kunci: Metode Problem Posing, Self-Regulated Learning (SRL), pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:18
Last Modified: 22 Mar 2016 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item