PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE, REVIEW, HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA

Risni Sri Oktiavini, NPM. 138060112 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE, REVIEW, HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
138060112_RISNI SRI OKTIAVINI_ok.docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course, Review, Horay) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasinya, yaitu seluruh siswa MTs Assalaam kelas VIII. Adapun, sampelnya terdiri dari 20 siswa kelas CRH (kelompok eksperimen) dan 20 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, perbedaan self-efficacy, hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy,pengaruh self-efficacy setelah pembelajaran, serta aktivitas siswa terhadap respon pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe CRH. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, Mann-Whitney test, serta uji korelasi Pearson Correlation, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, self-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe CRH tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, terdapat hubungan antara komunikasi matematis dan self-efficacy siswa, self-efficacy setelah pembelajaran berada di kategori sedang, serta aktivitas siswa terhadap respon pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe CRH meningkat. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe course, review, horay (CRH), kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2016 06:31
Last Modified: 22 Mar 2016 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item