PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KALIMAT AMBIGUITAS PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED FREE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KARAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rismawati, 115030009 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KALIMAT AMBIGUITAS PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED FREE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KARAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting. Metode Mo-dified Free Inquiry merupakan model yang mengarahkan siswa agar aktif dalam pembelajaran. Untuk itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Mengidentifikasi Kalimat Ambiguitas pada Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Modified Free Inquiry pada siswa kelas VII SMPN 1 Karawang Barat.Tahun Pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah; (1) Penulis mampu merencana-kan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengidentifikasi kalimat ambiguitas pada teks eksposisi dengan menggunakan metode Modified Free Inquiry pada siswa kelas VII SMPN 1 Karawang Barat; (2) Siswa kelas VII SMPN 1 Karawang Barat mampu mengidentifikasi kalimat ambiguitas pada teks eksposisi sesuai dengan kaidah kebahasaan; dan (3) Metode Modified Free Inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifkasi kalimat ambigui-tas pada teks eksposisi pada siswa kelas VII SMPN 1 Karawang Barat. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes dan observasi. Adapun hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembel-ajaran mengidentifikasi kalimat ambiguitas pada teks eksposisi dengan meng-gunakan metode Modified Free Inquiry. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata 3,1. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali; 2) Siswa kelas VII SMPN 1 Karawang Barat mampu mengidentifikasi kalimat ambiguitas teks eksposisi dengan baik. Hal ini terbukti pada adanya perbedaan hasil nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu 1,0 sedangkan nilai rata-rata postes yaitu 3,1. Peningkatannya sebesar 2,1; dan 3) Metode pembelajaran Modified Free Inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kalimat ambigui-tas teks eksposisi. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik thitung > ttabel yakni 19,943 ≥ 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 27. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini berhasil. Kata kunci: Mengidentifikasi, metode modified free inquiry, pembelajaran, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:08
Last Modified: 03 Sep 2016 15:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item