PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII MTS AL-AMANAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR MEILATI, 115030034 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII MTS AL-AMANAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI (P).pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan suatu aktivitas alternatif untuk menuangkan ide, gaga-san, dan pikiran dalam mengekspresikan diri untuk mengarang. Bagi sebagaian orang, menulis menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang ditu-lis dapat menambah wawasan yang luas bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh ka-rena itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi dengan Menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung”. Permasalahan Penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah pe-nulis melaksanakan pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung dengan menggunakan model mind mpping? (2) Mampukah siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung mengikuti pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah model mind mapping digunakan untuk pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan keefektifan model mind mapping dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis kreatif puisi de-ngan menggunakan model mind mapping pada siswa Kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. (2) Siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung mampu menulis kreatif puisi dengan menggunakan model mind mapping. (3) Model mind mapping efek-tif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penu-lis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran me-nulis kreatif puisi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII MTs Al-Amanah Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persia-pan pembelajaran mendapatka nilai 3,56 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas VII SMA MTs Al-Amanah Bandung mampu menulis kkreatif pui-si dengan menggunakan model mind mapping. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 37,88 dan nilai rata-rata postes 76,64. Peningkatannya sebesar 38,76. Jadi, selisish nilai rata-rata pretes dan nilai rata-rata postes yaitu 38,76. 3. Model mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menuis kreatif pu-isi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 20,95, ttabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan model mind mapping menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci : Pembelajaran, menulis kreatif, puisi, model mind mapping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:08
Last Modified: 03 Sep 2016 15:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item