Nomor Daftar : MAT.2016.1065 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SM

PUTRI DEWITA AUDIA ELIDA, 125050055 (2016) Nomor Daftar : MAT.2016.1065 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Dalam belajar matematika sangat erat kaitannya dengan proses berkomunikasi. Kemampuan menganalisis dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjawab beragam permasalahan dalam matematika. M enggunakan model pembelajaran konvensional membuat anak jenuh dan kurang kreatif karena sumber belajar hanya terdapat pada guru, anak cenderung hanya menghafal rumus tetapi kurang memahami setiap materi yang disampaikan, sehingga mempunyai kemampuan komunikasi yang rendah. O leh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving yang diharap kan dapat meningkatkan cara berp ikir k reatif dan memotivasi untuk berp ikir kreatif dalam menyelesaikan setiap masalah matematika. Penelitian ini bert ujuan untuk men getahui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik dan sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi d alam penelitian ini adalah selur uh siswa kelas XI SMA N egeri 16 Bandung, sedangkan sampel diambil 2 kelas secara acak . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematik siswa yang berupa soal tes uraian dan skala sikap. Tes diujicobakan terlebih dahulu terhadap 32 orang siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bandung. Berdasarkan hasil uji coba Intrumen (soal) tersebut semua soal layak untuk dipakai dalam penelitian. H asil dari penelitian ini adalah 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang me m peroleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving . Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran . Kata Kunci : Creative Problem Solving (CPS) dan Kemampuan Komunikasi Matematik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:07
Last Modified: 03 Sep 2016 15:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item