PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PERMAINAN SONDAH PADA SUBKONSEP EKOSISTEM DI SMA KELAS X

FIRYAL LUTHFIYAH DARMADI, 125040024 (2016) PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PERMAINAN SONDAH PADA SUBKONSEP EKOSISTEM DI SMA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
cover skripsi.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB I fix.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB II revisi.docx

Download (1MB)

Abstract

Merasakan sebuah kecemasan adalah hal yang sering di alami oleh manusia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa sering mengalami kecemasan. Kecemasan yang muncul pada anak-anak salah satunya ketika bersekolah, siswa yang mengikuti pembelajaran biasanya mengalami kecemasan yang di sebabkan oleh ketidak nyamanan saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengurangi kecemasan pada siswa dengan menggunakan penyisipan unsur kearifan lokal berupa permainan tradisional yaitu permianan sondah yang di modifikasi. Penyisipan permainan sondah bertujuan untuk mengurangi kecemasan pada siswa yang mengikuti mata pelajaran biologi. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas X IIS3 Sekolah Menengah Atas 1 PGRI Bandung yang teridikasi memiliki hasil kecemasan yang berdampak kurang baik bagi hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian The One Group Pretest Postest Experiment Design. Angket yang dikembangan sendiri oleh peneliti digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan pada siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Hasil angket yang telah isi siswa termasuk dalam kategori kecemasan sedang dengan ciri-ciri siswa mengalami gangguan respon tubuh seperti berkeringat, gemetar, gugup, dan sulit berkonsentrasi. Setelah dilakukan pembelajaran dengan permainan sondah, hasil analisis lembar observasi di peroleh data signifikan bahwa siswa jarang mengalami respon tubuh yang menggambarkan sebuah kecemasan, maka kecemasan yang di alami siswa dapat di katakan menurun.Teknik analisis data mengukur hubungan antara kecemasan dan hasil belajar yang di dapatkan dengan uji hipotesis, uji tersebut digunakan untuk membuat kesimpulan antara kecemasan yang ada dengan hasil belajar. Hasil yang di dapat dari penelitian bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar (Pre-test dan Pos-test) thitung< tabtel (-12.478 < 2.064), maka pengunaan penyisipan permainan tradisional (Sondah) dalam pembelajaran dapat mengurangi kecemasan belajar sehingga pemahaman terhadap materi yang di sampaikan akan meningkat. Key word : Kearifan lokal, Kebudayaan, Kecemasan, Permainan tradisional sondah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:07
Last Modified: 03 Sep 2016 15:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item