STUD I SELF - EFFICACY MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK SI KABAYAN SUB K ONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMA KELAS X

D WI IRMA FITRIYANTI, 125040 0 50 (2016) STUD I SELF - EFFICACY MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK SI KABAYAN SUB K ONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

B iolog i merupakan mata pelajaran yang konkrit yang banyak ditemukan bahkan dirasakan dalam kehidupan sehari - hari. Namun masih ada saja sebagian siswa yang menga nggap mata pelajaran ini sulit. M enurunnya minat membaca serta menurunnya minat untuk me lestarikan kebudayan. Hal ini mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep serta kurang ke yakinan diri ( self - efficacy ) siswa dalam proses pem b e lajaran. Maka dari itu diperlukan ide - ide kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang tepat dan inovatif. Salah satu ide kreatif dalam pemb elajaran yai tu menggunakan bahan ajar komik yang dapat mempengaruh i pemahaman, minat, belajar serta keyakinan diri ( self - efficacy ) siswa dalam belajar sehingga berpengaruh terh a d ap hasil belajar . Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Bandung Kelas X MIA dengan jumlah 37 siswa sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan mixe met hod de n gan desain skuensial eksplorartori tanpa menggunakan kelas kontrol. Menggunakan 2 bentuk instrumen yaitu instrumen kualitatif dengan pengukuran versi Bandura, keyakinan siswa saat mengisi soal. Instrumen kuantitatif berupa tes objektif pilihan ganda 20 butir soal pr etest dan posttest serta angket. H asil analisis data pengukuran keyakinan diri ( self efficacy ) menunjukkan rat a - rata nilai 30,00 % dengan kategori cukup bisa mela kukan, serta pendapat keyakinan mengisi soal rata - rata nilai 78,51 % dengan kategori sangat ya ki n. Didukung dengan hasil belajar siswa dengan hasil uji gain ternormalisa s i 0,24 yang termasuk ke dalam kategori rendah. Responden siswa yang kebanyakan memberi respon positif yaitu 48,64% siswa setuju tampilan bahan ajar dibuat dalam bentuk komik . Kata kunci : S elf efficacy, Hasil belajar, Bahan ajar Komik Si Kabayan, Subkonsep pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:07
Last Modified: 03 Sep 2016 15:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item