UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN Babakan Ciparay I)

Syifa Ula Robbani, 125060302 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN Babakan Ciparay I). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I NEW.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II NEW oke.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan hasil belajar melalui model pembelajaran inquiry terbimbing pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN Babakan Ciparay I Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang kurang didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran inquiry terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing yang terdiri dari 5 tahap, yaitu merumuskan masalah, merumuskan jawaban sementara, menguji jawaban tentative, menarik kesimpulan, serta menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas inquiry terbimbing siswa dan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dari 1,8/kategori cukup (siklus I) menjadi 3,3/kategori baik (siklus II). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkat kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Babakan Ciparay I Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata kunci: inquiry terbimbing, berpikir kritis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:03
Last Modified: 05 Sep 2016 13:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item