PIPIT RAMDANIAWATI, 125060244 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIN G UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASALAH SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas I V Sekolah Dasar Negeri I Sindang k asih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bhs. Indonesia.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bhs. Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli siswa menggunakan model P r oblem Based Le a rning dalam pembela jaran IPS materi masalah sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan siswa di SD Negeri I Sindangkasih yang mem iliki hasil belajar dan sikap peduli yang rendah, karena guru yang masih menggunakan metode p embelajaran yang konvensional dan kurang nya pengembangan kegiatan sosial di sekolah . Penelitia n ini di l akukan di SDN I Sindangkasih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon pada Siswa Kelas IV yang berjumlah 32 orang yaitu 13 siswa laki - laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan II Siklus. Satu siklus terdiri dari 3 (tiga) kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian menggunakan model Problem Based Lear n ing dengan tahapannya yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, merumuskan permasalahan, mengembangkan/mengumpulkan data atau informasi, merumuskan pemecahan masalah, dan mengkomunikasikan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning mampu mening ka tka n hasil belajar dan sikap peduli siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai si klus II. Pada aspek sikap (spiritual dan sosial) pada siklus I mencapai 44% dengan katergori kurang kemudian pada siklus II 84% dengan kategori baik. Pada aspek pengetahuan siklus I mencapai 72% kemudian pada siklus II menjadi 87%. Pada aspek keterampilan siklus I hanya 60%, kemudian pada siklus II menjadi 81%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningatkan sikap peduli siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata - rata sikap peduli siswa dari si kl us I sampai siklus II. Yaitu pada siklus I sikap peduli siswa mencapai 53% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus II menjadi 90% dengan kategori baik. Hambatan yang peneliti temukan dalam menerapkan model problem based learning adalah kurangnya mina t siswa dalam belajar dengan memecahkan masalah dan kurangnya pemahaman siswa terhadap kegiatan memecahkan masalah dalam pembelajaran . Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah mengembangkan minat siswa melalui penyajian materi, meningkatkan akt if i tas belajar siswa dan memberikan pemahaman terkait pemecahan masalah serta alasan mengapa harus berusaha memecahkan masalah yang dipelajari. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model problem based learning sangat menun jang terhadap hasil belajar dan sikap peduli siswa. Dengan demikian penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk di terapkan pada pembelajaran IPS SD . Kata kunci : problem based learning , hasil belajar, sikap peduli, hambatan, upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 12:59 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 12:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10243 |
Actions (login required)
View Item |