STUDI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KARAWITAN DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN SUBKONSEP SISTEM IMUNITAS MANUSIA

DEVI YULIYANTI, 125040150 (2016) STUDI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KARAWITAN DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN SUBKONSEP SISTEM IMUNITAS MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa terhadap subkonsep sistem imunitas manusia . Berdasarkan hasil pengamatan rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh rendahnya keyakinan diri ( self efficacy ) siswa saat proses pem belajaran di dalam kelas , serta menurunnya minat untuk melestarikan kebuda yaan Sunda . Maka dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keyakinan diri ( self efficacy ) siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat melestarikan kebudayaan Sunda pada siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMA PGRI 1 Bandung kelas Xl IIS 3 dengan jumlah 29 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan skuensial eksploratori dan tanpa menggunakan kelas kontrol . Menggunakan 2 macam instrument yaitu intrumen kualitatif dengan skala pengukuran versi Bandura, pendapat keyakinan siswa saat meng isi soal . Instrumen kuantitatif berupa tes objektif sebanyak 20 s oal yang diberikan pada saat pretest dan posttest . Hasil analisis data menunjukan pada peningkatan self efficacy siswa dengan nilai rata - rata 48,10 dengan kategori cukup bisa melakukan, serta pendapat tingkat keyakinan mengisi soal dengan hasil rata - rata 6 4,50 dengan kategori yakin. Didukung oleh peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil uji gain ternormalisasi dengan nilai 0,42 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar dan termasuk kedalam kategori sedang, serta uji t dengan hasil mean bernilai - 6 .793 yang artinya terjadi kecenderungan peningkatan hasil belajar si swa sesudah perlakuan. Penilaian ranah psikomotor menunjukan hasil rata - rata 48,10 cukup bisa melakukan. Pada penilaian pada ranah afektif data menunjukan hasil rata - rata 3 dengan ketegori peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Karawitan dapat digunakan sebagai salah satu bentuk alternatif dalam kegiatan pembelaja ran untuk meningkatkan self efficacy siswa . Kata kunci : Self efficacy , Hasil belajar, Model pembelajaran Karawitan, Subkonsep Sistem imunitas manusia .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item