Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKN Di Kelas IV

Nina Suharyani, 115060061 (2016) Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKN Di Kelas IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telak dilaksanakan di SDN Balonggandu II Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 49 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah dalam pembelajaran PKN pada materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran PKN belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentuan yaitu 65. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena guru kuang kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga membuat siswa kurang fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sintaks model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan pembelajaran yang mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase 30,8% siswa memenuhi KKM, dan siklus II sebesar hasil belajar 94,4% Siswa mencapai KKM.. Hal ini dikarenakan pada model Problem Based Learning, siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yang akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning,meningkatkankreativitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:49
Last Modified: 21 Mar 2016 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item