MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJAR AN EXAMPLE NON EXAMPLE KELAS IV SDN KOPO ELOK PADA MATERI MASALAH SOSIAL

NENDI PERDANA, 125060221 (2016) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJAR AN EXAMPLE NON EXAMPLE KELAS IV SDN KOPO ELOK PADA MATERI MASALAH SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Jadi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Jadi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil b elajar siswa dengan menggun akan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Kopo Elok dan dilat a r belakangi keadaan siswa yang kurang m enunjukkan minat dan hasil belajar di dalam proses pem belajar an yang masih banyak di bawah KKM . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan , pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, peng olahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru , siswa selama proses pem belajaran dan angket minat siswa . Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 71,8 , dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 85 . Min at siswa pada siklus I peningkatan minat belajarnya adalah 63,3% , dan pada siklus II pebingkatannta adalah 85%. Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model example non example dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bah asan masalah sosial di kelas I V SDN Kopo Elok . Dengan demikia n, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : example non example , m inat belajar , hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 12:49
Last Modified: 03 Sep 2016 12:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item