Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP

ANNISA WIRIANI, 125050070 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER pdf.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
abstrak fix.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

REACT merupakan suatu model pembelajaran yang berupaya membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Keaktifan siswa itu terwujud dalam masalah yaitu memberikan siswa peluang untuk mencari dan menghubungkan masalah sehari-hari yang dialami siswa yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Dengan terlibatnya siswa secara aktif dalam proses pembelajaran maka diharapkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dalam matematika akan terus terlatih dengan baik. Pembelajaran dengan model REACT adalah pembelajaran dimana siswa membentuk beberapa kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah dengan sistem tanya jawab dan diskusi dengan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswayang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran REACT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Cimahi. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII F (eksperimen) dan VIII E (kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik, dan angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan IBM SPSS Statistics 23.0 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan model REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan sikap siswa positif terhadap pembelajaran dengan model REACT. Kata Kunci: Pembelajaran dengan Model REACT, Pemecahan Masalah Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item