PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

SITI NURCAHYANI, 115060231 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (43kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (68kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDN Mekarjaya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas V. Adapun tujuan penelitian adalah meningkatkan sikap Percaya Diri serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA pada materi organ tubuh manusia. Kajian teoritis dalam penelitian ini adalah membahas tentang, (1) Belajar, (2) Pembelajaran, (3) Model pembelajaran Problem Based Learning, (4) IPA, (5) Sikap percaya Diri, (6) Hasil Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur, yaitu siklus diulangi jika tujuan yang yang dirumuskan belum dicapai secara optimal. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Observasi, (3) Analisis dan Interpretasi, dan (4) Refleksi, Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes, dan lembar observasi.instrumen lembar observasi digunakan untuk mengobservasi hal-hal sebagai berikut (1) Rancangan Pembelajaran, (2) Tindakan Pembelajaran, (3) Aktivitas Siswa dalam pembelajaran. Lembar tes yang digunakan untuk mengukur konsep ilmiah siswa setelah tindakan pembelajaran. Hasil peningkatan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA melalui penggunaan model Problem Based Learning ternyata dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Problem Based Learning ada peningkatan yang cukup baik sehingga nilai rata-rata siswa pada hasil penilaian sikap percaya diri siswa adalah yaitu pada data awal 1,75, siklus I 2,75, dan siklus II 3,75. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada hasil belajar siswa adalah yaitu pada data awal 40, siklus I 60 dan siklus II 80. Dengan demikian, dengan menggunakan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap sikap percaya siri dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal ini dalam penggunaan model Problem Based Learning siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat memecahkan suatu masalah dalam pemebelajaran. Kata kunci : model Problem Based Learning, sikap percaya diri, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:39
Last Modified: 21 Mar 2016 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item