PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA

YESI DWI FEBRIANTY, 125050083 (2016) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
halaman sampul.pdf

Download (57kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang berisi konsep-konsep. Belajar matematika berarti belajar konsep. Oleh sebab itu kemampuan pemahaman konsep matematik sangat diperlukan siswa dalam belajar matematika. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan, kemampuan pemahaman konsep matematik siswa masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa adalah model Quantum Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan model Quantum Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Quantum Learning, serta untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematik dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematik dan angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan model Quantum Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Quantum Learning, dan terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematik dengan sikap siswa. Oleh karena itu model Quantum Learning dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna. Kata Kunci: Quantum Learning, Pemahaman Konsep Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Sep 2016 19:48
Last Modified: 02 Sep 2016 19:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item