No Daftar : MAT. 2016. 1081. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA PGII 2 Bandung )

Silmi Azizah Nur Alifah, 125050023 (2016) No Daftar : MAT. 2016. 1081. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA PGII 2 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Silmi Azizah Nur Alifah. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA denga n Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi . Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia . Kemampuan pemahaman matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika . Namun kemampuan pemahaman mate matis siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan metode pembelajaran yang diterapkan di kelas hanya menggunakan pembelajaran ekspositori sehingga komunika si guru dengan siswa serta sisw a dengan siswa menjadi terbatas. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah model pembelajaran Artikulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui apakah pe ningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori (2) Mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Artikulasi dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2015 - 2016 . Adapun sampel penelitiann ya adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol SMA PGII 2 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan pemah aman matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Artikulasi, dan pemahaman matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI IPS. Berdasa rkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Peningkatan k emampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Artikulasi lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori (2) S iswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Artikulasi dalam pembelajaran matematika . Sehingga model pembelajaran Artikulasi dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Pemahaman Matematis , Pembelajaran Artikulasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:05
Last Modified: 03 Sep 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item