NURUL PATIMAH, 125040061 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DAN COMPLETE SENTENCE PADA SUBKONSEP VERTEBRATA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence dengan Complete Sentence. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa yaitu kelas X1 dan X2 tahun akademik 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik porposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan instrumen tes berupa 20 soal objektif yang diujikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest), serta instrumen non-tes berupa lembar observasi afektif dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest desain. Analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 23.0 for Windows untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, dan uji normalitas data dengan taraf signifikansi 5% ( = 0,05), dan skala Likert untuk penilaian afektif dan psikomotor. Indeks gain untuk menentukan kategori tingkat hasil belajar siswa dihitung dengan program Microsoft Excel 2007 for Windows. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa yang lebih baik (N-gain= 0,70; kategori tinggi) daripada penerapan model Complete Sentence (N-gain= 0,60; kategori sedang) pada pembelajaran subkonsep Vertebrata Kelas Reptilia di SMA Pasundan 2 Bandung. Demikian pula pada aspek psikomotor pembelajaran dengan Concept Sentence (88,33%) memberi efek yang lebih baik daripada Complete Sentence (87,66%). Berbeda dengan hasil tersebut pada aspek afektif pembelajaran Complete Sentence (82,93%) lebih baik dari Concept Sentence (80,26%) walaupun perbedaannya tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model Concept Sentence lebih disarankan daripada Complete Sentence untuk membelajarkan siswa pada subkonsep Vertebrata Kelas Reptilia. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Concept Sentence dan Complete Sentence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 19:49 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 19:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10159 |
Actions (login required)
View Item |