FENOMENA BULLYING DIKALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG Studi Fenomenologi Bullying di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Pasundan Bandung

Dina Diana Surbakti, 122050206 (2016) FENOMENA BULLYING DIKALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG Studi Fenomenologi Bullying di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Pasundan Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (38kB)
[img] Text
2. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (15kB)
[img] Text
3. ABSTRAK ENGLISH.docx

Download (12kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (59kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul, “FENOMENA BULLYING DIKALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena bullying yang ada dikalangan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan, bagaimana makna bullying, motif bullying serta bagaimana efek bullying dikalangan mahasiswa ini. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan (field observation) dan wawancara mendalam (depth interview). Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa motif bullying dikalangan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan ialah bermacam – macam, seperti motif menghindar, motif ingin membalas dan ingin membuat jera, ada yang menggunakan motif seakan tidak terjadi apa – apa, ada yang melakukan motif berbagi cerita, dan motif pasrah pada Allah SWT. Selanjutnya, tindakan bullying dikalangan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan ialah mereka ada yang menggunakan kecanggihan teknologi, ada yang berusaha agar tidak bertemu dengan pelaku, ada yang mengadukan kisahnya ke orang terdekat, dan ada juga yang tetap ikhlas bersyukur dan menyerahkan semua masalah kepada Allah SWT. Kemudian, makna bullying dikalangan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan ialah ada yang menjadi lebih kuat, ada yang malah tidak memperdulikannya dan ada juga yang jadi lebih berani untuk bertindak agar tidak ditindas. Saran – saran yang dapat peneliti sampaikan adalah supaya seluruh mahasiswa FISIP Universitas Pasundan Bandung lebih bersikap saling menghargai sesama, santun dalam berbicara, tidak ikut – ikutan membenci seseorang karena temannya, bersikap dewasa di dalam menghadapi candaan teman, dan tidak perlu membesar – besarkan masalah serta mengikut sertakan teman – temannya untuk berada dipihaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:02
Last Modified: 03 Sep 2016 14:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item