PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RETRIBUSI PELAYANAN PASAR (Studi Kasus : Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majalengka)

M. AFIF AWALUDIN, 123040267 and Caca Emile Supriana, DS and Anggoro Ari Nurcahyao, DS (2016) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RETRIBUSI PELAYANAN PASAR (Studi Kasus : Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover_123040267.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040267.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam rangka merealisasikan pelaksanaan otonomi daerah, maka di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majalengka dilakukan kegiatan retribusi pelayanan pasar yang memuat serangkaian prosedur mulai dari penghimpunan data objek dan subjek retribusi, penentuan besarnya retribusi yang terutang sampai kegiatan penagihan retribusi kepada Wajib Retribusi serta pengawasan penyetorannya. Sistem informasi retribusi pelayanan pasar ini dirancang untuk membantu kelancaran pada proses retribusi pasar, terutama ketika akan melakukan kegiatan pemungutan retribusi pelayanan pasar kepada Wajib Retribusi, sehingga dapat meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian penerimaan retribusi pelayanan pasar yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah dan retribusi pelayanan pasar dapat dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Dalam menyelesaikan tugas akhir ini dilakukan beberapa tahap yaitu mengidentifikasi persoalan yang ada, melakukan studi pustaka, menganalisis kebutuhan sistem dan merancang sebuah sistem informasi berdasarkan persoalan dan kebutuhan yang ditemukan. Hasil dari tugas akhir ini merupakan rancangan sistem informasi retribusi pelayanan pasar. Pengerjaan tugas akhir ini menggunakan metodologi Structured System and Analisys Design Method (SSADM) yang digunakan sebagai pedoman dalam pengerjaan tugas akhir ini. Hasil rancangan yang telah dikerjakan dapat menjadi prospek di waktu yang akan datang untuk membangun sebuah sistem informasi yang dapat mengelola data hasil pemungutan retribusi pelayanan pasar dengan lebih baik sehingga dapat membantu Pejabat Birokrasi untuk mendapatkan informasi yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan pembuatan keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:03
Last Modified: 03 Sep 2016 15:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item