PEMBELAJARAN MENDEKSRIPSIKAN WATAK PELAKU MELALUI DIALOG NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JOKO PURNOMO, 125030053 (2016) PEMBELAJARAN MENDEKSRIPSIKAN WATAK PELAKU MELALUI DIALOG NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI - Selesai.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK - INDONESIA .pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACK - ENGLISH.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
8. DAFTAR ISI - Selesai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa untuk menghasilkan informasi. Teknik collaborative writing merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mendeskripsikan Watak Pelaku Melalui Dialog Naskah Drama dengan Menggunakan Teknik Collaborative Writing pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Pasundan 1 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Seberapa mampukah penulis melaksanakan pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? (2) Seberapa mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing? (3) Seberapa efektifkah teknik collaborative writing diterapkan dalam pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi; (2) Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing; (3) Teknik collaborative writing efektif diterapkan dalam pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasi Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest. Adapun simpulannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi tahun pelajaran 2015/2016. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,76. 2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi tahun pelajaran 2015/2016 mampu mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama dengan menggunakan teknik collaborative writing. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 47,39 dan nilai rata-rata postes sebesar 64,93, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 17,53. 3. Teknik collaborative writing efektif digunakan dalam pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik manual dengan hasil thitung sebesar 5,17, ttabel sebesar 2,01 pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 21. Hal ini membuktikan bahwa teknik collaborative writing efektif digunakan dalam pembelajaran mendeskripsikan watak pelaku melalui dialog naskah drama. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Mendeskripsikan, Watak Pelaku, Dialog, Naskah Drama, Collaborative Writing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:03
Last Modified: 03 Sep 2016 15:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item