PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

RICHKA NURJAYANTI, 125060303 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (36kB)
[img] Text
BAB 1 ACC.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB 2 ACC.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 4 ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB 5 ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Subtema Merawat Tumbuhan di SDN Leuwipanjang khususnya di kelas II A dengan menerapkan model problem based learning. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi dimana cara guru mengajar masih menggunakan metode konvensional guru mendominasi kegiatan yang menyebabkan siswa pasif dan kurang memahami materi yang telah disampaikan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus, untuk siklus I pembelajaran 1,2,3 untuk siklus 2 pembelajaran 4,5,6. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata mencapai 77% meningkat pada siklus II menjadi 87%, Kedua adanya peningkatan sikap peduli lingkungan untuk siklus I mencapai 65% pada siklus II meningkat 90%, Ketiga adanya peningkatan hasil belajar dan hasil belajar kelompok untuk siklus I Afektif 54% pada siklus II menjadi 82%, Kognitif siklus I 70% pada siklus II 85%, Psikomotor siklus I 65% pada siklus II 90%, Lembar kegiatan kelompok untuk siklus I 60% pada sikus II menjadi 80%. Keempat, hambatan dalam menggunakan model PBL yaitu mengalami kesulitan dalam merumuskan masalah dan pemecahannya, Kelima Upaya mengatasi hambatan tersebut yaitu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih kritis dalam mengkaji masalah yang disajikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa di kelas II A SDN Leuwipanjang. Maka, penggunaan model PBL ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk diterapkan di sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar, Hambatan Pelaksanaan, Upaya Peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:46
Last Modified: 02 Sep 2016 14:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item