PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MORFOLOGIS PADA TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DHEA PUTRI MUNGGARAN, 125030146 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MORFOLOGIS PADA TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Mengidentifikasi adalah suatu proses menemukan sesuatu dalam sebuah objek atau menemukan suatu jenis yang terdapat dalam tulisan. Kesalahan morfologis yaitu kesalahan yang berhubungan dengan tata bentuk kata, mencakup kesalahan pengimbuhan (afiksasi), ke-salahan pengulangan (reduplikasi), dan kesalahan pemajemukan (komposisi). Teks pidato yaitu naskah yang mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang memberikan pen-jelasan kepada orang banyak. Model reciprocal learning adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca dan mendorong siswa dalam me-ngembangkan skill-skill yang dimiliki oleh pembaca dan pembelajar efektif. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato dengan menggunakan model reciprocal learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi?; (2) Mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi mengidentifikasi kesalahan morfologis dengan tepat?; dan (3) Efektifkah model reciprocal learning digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, me-laksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato dengan menggunakan model reciprocal learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi (2) Siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi mampu mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato dengan tepat; dan (3) Model reciprocal learning efektif digunakan dalam pembelajaran pembelajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah studi pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato dengan menggunakan model reciprocal learning pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi. Hasil rata-rata nilai perencanaan 3,91 dan pe-laksanaan pembelajaran sebesar 3,86. Siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi mampu mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 47,48 dan nilai rata-rata postes sebesar 80,93, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 33,45. Model reciprocal learning efektif digunakan dalam pembelajaran pembelajaran meng-identifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t_hitung > t_tabel, yakni 17,71 ≥ 2,07 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28. Hal ini membuktikan bahwa model reciprocal learning efektif digunakan dalam pem-belajaran mengidentifikasi kesalahan morfologis pada teks pidato. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: pembelajaran, mengidentifikasi, kesalahan morfologis, teks pidato, reciprocal learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:42
Last Modified: 02 Sep 2016 14:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item