PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOLEKSI FOTO PADA SISWA KELAS X I SMA AL - FALAH KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 201 5 /201 6

AYU LESTARI, 125030103 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOLEKSI FOTO PADA SISWA KELAS X I SMA AL - FALAH KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 201 5 /201 6. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Memproduksi adalah proses mengeluarkan hasil dalam proses menulis. Menu lis merupakan sarana berkomunikasi secara tidak langsung. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis sebuah teks ulasan drama berdasarkan struktur, ciri - ciri kebahasa an , dan kaidah penulisan. Koleksi foto adalah suatu media yang menuntut siswa untuk belajar lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Untuk itu, penulis melakukan sebuah pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan media koleksi foto pada siswa kelas XI SMA Al - Falah Kota Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, me laksanakan dan mengevaluasi pem belajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan media koleksi f oto pada siswa kelas XI SMA Al - Falah Kota Bandung ?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Al - Falah Bandung memproduksi teks ulasan drama sesuai dengan karakteristik struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan ?; (3) Efektifkah media koleksi foto pribadi diguna kan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan media koleksi foto pada siswa kelas XI SMA Al - Falah Kota Bandung ? . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, keefektifan media koleksi foto dalam p embelajaran memproduksi teks ulasan drama di kelas XI SMA Al - Falah Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan media koleksi foto di kelas XI MIA SMA Al - Falah Bandung;(2) siswa kelas XI MIA SMA Al - Falah mampu memproduksi teks ulasan drama dengan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks ulasan drama dengan tepat; (3) Media koleksi foto sangat efektif digunakan dalam pembelajaran mem - produksi teks ulasan drama di kelas XI MIA SMA Al - Falah Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest - postet design . Adapun hasil penelitiannya, hipotesis pert ama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,90. Hipotesis kedua diterima, dilihat dati rata - rata nilai 26,1 dan setelah mengikuti p os tes mencapai 66,1 , peningkatan sebesar 40,5 . Hipotesis ketiga diterima, dengan p embuktian hasil uji statistic t hitung > dari t tabel yaitu 8.9 >3 , 13 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa media koleksi foto ini tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan Bandung. Karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan cara belajar menuju belajar lebih baik khususn ya pada saat memproduksi teks ulasan drama . Kata Kunci : Pembelajaran, memproduksi, teks ulasan drama, dan koleksi foto.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:40
Last Modified: 02 Sep 2016 14:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item