Fahira, Trisa Zahri and Sunata, Sunata and Iskandar, Dadang (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR JUDUL ARTIKEL PENELITIAN (UKURAN HURUF 12). Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar. pp. 1-10.
|
Text
Artikel Trisa Zahri Fahira1_1.pdf Download (293kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Rancamanyar 01 yang berjumlah 46 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki dan 28 perempuan. Pada awal pra-penelitian (prasiklus) presentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 28% (13 peserta didik). Setelah diberikan tindakan pada siklus I presentase meningkat sebesar 29% sehingga menjadi 57% (39 peserta didik). Kemudian pada siklus I ke siklus II hasil penelitian menunjukkan kenaikan sebesar 32% dan hasil akhir yang diperoleh adalah 89% (41 peserta didik). Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar, Mathigon, Pecahan
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | DOCUMENT |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2026 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:16 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:16 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
