PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI KLINIK PRATAMA X CIMAHI

Rizky Yuanita, Alvi and Juju, H. Undang and Saepudin, H. Tete (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI KLINIK PRATAMA X CIMAHI. Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
jurnal ALVI RIZKY YUANITTA 218020006.docx

Download (927kB)

Abstract

Kesehatan merupakan aspek mendasar dalam kehidupan manusia yang mencakup kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Salah satu layanan kesehatan yang semakin diminati adalah perawatan kulit, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan kulit. Klinik Pratama X Cimahi menghadapi tantangan berupa penurunan jumlah kunjungan pasien yang diduga karena kurangnya kepuasan pasien terhadap kualitas layanan dan sumber daya manusia di Klinik Pratama X Cimahi. Dengan menggali pengaruh kualitas pelayanan dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kepuasan serta loyalitas pasien, penelitian ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan loyalitas pasien di klinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pasien mengenai kualitas pelayanan, kepuasan pasien, loyalitas pasien, besarnya pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien serta implikasinya terhadap loyalitas pasien di Klinik Pratama X Cimahi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan survei terhadap 97 pasien yang telah mendapatkan pelayanan di klinik pratama X Cimahi dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Sumber Daya Manusia memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Pratama X Cimahi secara parsial dengan nilai thitung masing-masing sebesar 3,523 dan 6,530 > thitung 1,66. Secara simultan, Kualitas Pelayanan dan Sumber Daya Manusia memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai Fhitung 180.721 > Ftabel 2,759. Kualitas Pelayanan dan Sumber Daya Manusia juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien di Klinik Pratama X Cimahi secara parsial sebesar dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 3,012 dan 3,162 > thitung 1,66. Kepuasan Pasien berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien dengan nilai t hitung 5,372 > thitung 1,66. Secara simultan, Kualitas Pelayanan, Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Pasien memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai F hitung 197,733 > Ftabel 2,36. Kepuasan pasien memediasi hubungan pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien secara signifikan dengan nilai Z uji sobel 5,44 > Ztabel 1,645 dan Kepuasan Pasien memediasi hubungan pengaruh Sumber Daya Manusia terhadap Loyalitas Pasien secara signifikan dengan nilai Z uji sobel 5,86 > Ztabel 1,645. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Sumber Daya Manusia, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien, Klinik Pratama

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:46
Last Modified: 27 Dec 2024 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74573

Actions (login required)

View Item View Item