Suwandar, Neng Hanna Marliani, 205060005 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 025 Cikutra Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses dan apakah terdapat pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan GeoGebra pada kemampuan literasi matematis peserta didik di kelas V SDN 025 Cikutra. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa kemampuan literasi matematis masih rendah maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi ekesperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas VA sebanyak 30 orang yang menjadi kelas eksperimen dan di kelas VB sebanyak 30 orang yang menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest di kelas eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik sebesar 36,17 sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 34,33 . Ratarata nilai peserta didik meningkat pada posttest, di kelas kontrol rata-rata nilai yang diperoleh hanya sebesar 67,00 sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 77,83. Pengaruh model ini dapat dilihat dari hasil uji effect size yang memperoleh nilai sebesar 0,77 yang berarti memiliki kategori besar. Selain itu, hasil uji N-Gain pada penelitian ini memperoleh nilai sebesar 65% pada kelas kontrol dan 73% pada kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahawa selain memiliki pengaruh besar, dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci : GeoGebra, Kemampuan Literasi Matematis, Model problem based learning (PBL).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74146 |
Actions (login required)
View Item |