ANALISIS RESIKO KEGAGALAN KERETA LRT DENGAN METODA FAILURE MODE EFFECT CRITICAL ANALYSIS (FMECA) SEBAGAI DASAR PERANCANGANAN PERBAIKAN PERAWATAN

Mr, Kustiaman and Mrs, Arumsari and Putri, Meliana (2024) ANALISIS RESIKO KEGAGALAN KERETA LRT DENGAN METODA FAILURE MODE EFFECT CRITICAL ANALYSIS (FMECA) SEBAGAI DASAR PERANCANGANAN PERBAIKAN PERAWATAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Kustiaman_218030002.doc

Download (1MB)

Abstract

Peta trasnportasi di Daerah Khusus Jakarta dengan kondisi semakin padat mewajibkan pemerintah daerah Kota Jakarta untuk menyediakan transportasi masal yang aman, nyaman dan bebas macet. Transportasi berbasis rel merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut, salah satu transportasi berbasis rel yang ada saat ini adalah Light Rapid Transit (LRT) dan LRT Jakarta merupakan operator LRT pertama di DKI Jakarta. Ketersediaan sarana LRT yang handal merupakan kunci kelancaran operasional, seluruh sarana harus dalam keadaan Siap Operasi (SO) dan angka kegagalan harus dikurangi.Sejak masa awal operasi hingga sekarang, kereta LRT mengalami banyak kegagalan dengan berbagai failure mode yang berhasil diidentifikasi. Permasalahannya kegagalan tersebut belum berhasil diidentifikasi penyebabnya sehingga kegagalan berlanjut. Penggunaan metoda FMECA menjadi salah satu alternatif untuk digunakan dalam analisis ini dengan tujuan untuk menemukan rencana perbaikan perawatan sehingga mode kegagalan tidak berlanjut. Dari beberapa failure mode yang terjadi diidentifikasi kembali sehingga diperoleh dua jenis komponen utama yang mewakili 81% kejadian kegagalan untuk diselesaikan. Dengan perhitungan RPN diperoleh susunan failure mode dengan tingkat kritikalitas yang berbeda kemudian diidentifikasi penyebab kegagalannya, sehingga dapat diidentifikasi prioritas failure mode yang harus diselesaikan rencana perbaikannya, sehingga nilai RPN setelah perbaikan ini menjadi lebih rendah dari semula. Penggabungan analisis FMECA dan analisis penyebab kegagalan dengan metode analisis hierarki kegagalan komponen dapat secera efektif mengidentifikasi penyebab kegagalan sehingga dapat dibuat rencana perbaikannya. Rencana perbaikan yang diusulkan harus dibuat dokumentasinya dan dievaluasi efektifitasnya sehingga bisa dipastikan kelayakannya untuk diterapkan. Kata Kunci : Light Rapid Transport (LRT), FMECA, RPN, failure mode, Rencana Perbaikan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 19 Oct 2024 03:15
Last Modified: 19 Oct 2024 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/73009

Actions (login required)

View Item View Item