PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Aini Alya, 205060091 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang masih rendahnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis, (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis, dan (4) mengetahui seberapa besar pengaruh model PBL berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek yang digunakan penelitian ini kelas I SDN 1 Tagog Apu yang terdiri dari 2 kelas yaitu IA sebagai kelas eskperimen dan IB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 74 peserta didik. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis kelas I di SDN 1 Tagog Apu. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 27, yaitu (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, dilakukan analisis dengan uji t menunjukkan hasil nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000<0,05. (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen sebesar 80,42% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 54,16% dengan kategori sedang, dan (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 0,62 dengan interpretasi sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Kata Kunci: PBL, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:51
Last Modified: 17 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72969

Actions (login required)

View Item View Item