NURULITA, LITASARI, 205060170 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (886kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Rahayu 01 serta masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran matematika hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk bersikap aktif dalam menemukan konsep pembelajaran. Maka dari itu digunakan model Discovery Learning berbatuan aplikasi Kahoot untuk memberikan pemahaman konsep pembelajaran matematika yang lebih menarik serta efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses belajar, mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan konsep matematis, mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis, dan mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan aplikasi Kahoot terhadap pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Class Design. Teknik analisis data yang digunakan untuk rumusan masalah yang pertama yaitu menggunakan observasi dan wawancara, pada rumusan masalah kedua menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis dari data pretest dan posttest, pada rumusan masalah ketiga menggunakan uji N-Gain, dan yang terakhir menggunakan uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Discovery Learning berbantuan aplikasi Kahoot terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka terdapat peningkatan pada kelas ekperimen sebesar 16,67 atau 16% dengan kategori rendah dan kelas kontrol 10,48 atau 10% dengan kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas ekperimen yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Kahoot dengan kelas kontrol sebesar 0,039, maka dari itu model Discovery Learning berbantuan aplikasi Kahoot ini berpengaruh besar dengan hasil 0,564 < 0,5 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN Rahayu 01. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Kahoot.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:17 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72254 |
Actions (login required)
View Item |